Rabu, 11 Agustus 2010

RANGKUMAN INDONESIA PASCA REVOLUSI-REVOLUSI DI DUNIA ABAD KE-18 SAMPAI ABAD KE-20

A. Pengaruh Revolusi Perancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia
1. Revolusi Perancis
- Arti penting Revolusi Perancis dalam sejarah dunia, yaitu:
a. Terjadi perubahan yang fundamental dalam pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia.
b. Penting ditegakkannya pemerintahan yang demokratis yang mengakui hak-hak warga negara.
c. Kenyataan bahwa rakyat di seluruh dunia berada di bawah kekuasaan yang absolut.
- Berkembangnya ajaran Machiavelli mengenai absolutisme dalam bukunya yang berjudul I’l Principe atau The Prince (Sang Raja) yang mengatakan bahwa kekuasaan raja berlaku absolut atau mutlak. Artinya, kekuasaan raja tidak terbentuk atas kehendak rakyat, tetapi berdasarkan kehendak dan kemauan raja sendiri.
- Kekuasaan absolut di Perancis mulai dijalankan oleh Louis XIII (1610-1643).
- Puncak kekuasaan absolutisme di Perancis terjadi pada masa Louis XIV (1643-1715). Ia terkenal dengan ucapannya L’etat c’est moi (Negara adalah saya) yang menunjukkan bahwa raja adalah orang istimewa dan pusat dari segala-galanya. Ia menganggap dirinya sebagai jelmaan Tuhan yang berkuasa di muka bumi (des troit Devin).
- Kekuatan absolut yang berkembang di Eropa pada abad ke-17 dan 18 menyebabkan munculnya gerakan-gerakan yang menentang kedudukan raja yang dipelopori oleh masyarakat kota. Tokoh-tokoh yang menentang kekuasaan absolut raja tersebut antara lain: John Locke, Montesquieu, Jean Jacques Rousseau, Voltaire, Diderot, dan D’alambert.
- Struktur masyarakat Perancis sebelum terjadinya revolusi pada 14 Juli 1789 terdiri atas tiga golongan, yaitu golongan raja dan bangsawan, golongan para pendeta, dan golongan kaum borjuis dan rakyat jelata.
- Pembentukan Dewan Nasional atau National Assembly pada Mei 1789 dianggap sebagai awal dimulainya Revolusi Perancis.
- Pada 14 Juli1789, rakyat yang marah menyerbu Penjara Bastille.
- Melalui Deklarasi mengenai hak-hak manusia dan warga negara, rakyat Perancis memiliki hak merdeka (liberty), hak milik (poverty), hak keamanan (security), dan hak perlindungan dari tindakan kekerasan (resistance to oppression).
- Pemerintahan monarki dibubarkan pada Agustus 1792 dan mengeksekusi golongan royalis, yaitu golongan yang setia pada raja Louis XVI.
- Pada 1799, rayat Perancis mempercayakan kepemimpinannya pada seorang tokoh patriotik penyelamat Perancis yang bernama Napoleon Bonaparte.
- Napoleon mengeluarkan Code Napoleon yang didasarkan atas prinsip bahwa semua warga negara memiliki kedududkan yang sama di muka hukum.
- Perang Koalisi (Coalition Wars) atau Perang Gabungan atau Perang Napoleon (Napoleonic Wars) berlangsung dari 1792 hingga 1815.
- Dampak Revolusi Perancis pada kehidupan sosial Indonesia antara lain: munculnya golongan terpelajar akibat adanya politik etis, munculnya nasionalisme, lahirnya demokrasi, dan munculnya hak asasi manusia.

2. Revolusi Amerika
- Terjadi dari tahun 1775 sampai 1783.
- Dilatarbelakangi oleh keinginan rakyat untuk melepaskan diri dari penetrasi pemerintah kolonial Inggris yang semakin kuat.
- Diawali oleh “The Boston Tea Party” ketika kapal Inggris yang memuat the untuk Amerika berlabuh di Pelabuhan Boston.
- Kemerdekaan Amerika diproklamasikan pada 4 Juli 1776.
- Proklamasi tersebut disusun oleh Thomas Jefferson dalam Kongres di negara bagian Philadelphia yang didukung dan dihadiri 13 negara bagian.
- Terdapat pernyataan hak-hak asasi manusia yang disahkan pada 1788 dan dikenal dengan nama Bill of Rights.

3. Revolusi Rusia
- Terjadi pada Februari 1917 sampai Oktober 1917.
- Terjadi karena kekalahan Rusia dalam Perang Dunia I yang berdampak terhadap perekonomian Rusia.
- Golongan Bolshevik yang dimotori oleh Lenin dan Leon Trotsky menyebarkan propaganda kepada rakyat, antara lain: membagi-bagikan tanah kepada petani, memperbolehkan para buruh menyita pabrik-pabrik, membagi-bagikan makanan kepada penduduk, menghapuskan semua utang-piutang pemerintahan sebelumnya, dan bank-bank menjadi milik negara.
- Mereka juga membentuk tentara sendiri yang disebut dengan Tentara Merah.
- Dampak Revolusi Rusia terhadap pergerakan nasional Indonesia antara lain: munculnya paham marxisme, timbulnya komunisme di Indonesia, munculnya tokoh-tokoh komunis yang ingin mendirikan negara komunis di Indonesia.

B. Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
- Perkembangan masyarakat Eropa sebelum Revolusi Industri hidup dalam sistem perdagangan yang masih menggunakan sistem barter.
- Revolusi Industri berawal di negara Inggris.
- Faktor ekstern yang mendorong perkembangan Revolusi Industri di Inggris adalah terjadinya revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke-16. Para ilmuwan menemukan alat-alat yang sangat berguna bagi kemajuan tingkat kehidupan manusia.
- Faktor internnya adalah:
a. Keamanan dan politik dalam negeri Inggris yang mantap.
b. Berkembangnya kegiatan wiraswasta di Inggris.
c. Munculnya minat yang luar biasa terhadap indutri manufaktur.
d. Jajahan Inggris yang sangat luas.
e. Inggris kaya akan sumber alam batu bara dan bijih besi.
f. Munculnya paham ekonomi liberal.
g. Munculnya Revolusi Agraria, yaitu perubahan yang sangat cepat dalam penataan tanah akibat berlakunya metode baru dalam pertanian, yaitu sistem pemagaran dan pengolahan yang terus menerus, pemupukan, dan irigasi.
- Revolusi Industri di Inggris digerakkan oleh para inovator atau penemu teknologi mesin tenun, mesin uap, dan alat-alat transportasi.
- Salah satu akibat dari Revolusi Industri adalah lahirnya kapitalisme, yaitu suatu paham atau aliran di bidang ekonomi yang berpendapat bahwa untuk meningkatkan pendapatan perlu ditunjang dengan jjumlah modal atau kapital yang banyak, penguasaan sekktor produksi, sumber bahan baku, distribusi (pemasaran), dan teknologi baru.
- Revolusi Industri yang melanda Eropa pada abad ke-19 menimbulkan imperialisme modern.

1 komentar:

  1. Iron Chef | Titanium Hair Cutter Reviews
    Iron Chef is the one person on the titanium mug list of titanium quartz Iron Chef's restaurants, but as a whole, titanium pots and pans he's definitely a great restaurant. They have some great  Rating: 4.5 · ‎4 black titanium reviews · ‎$19.95 · ‎In 토토 사이트 stock

    BalasHapus